PERJALANAN JAKARTA BANGKA VIA MERAK BAKAUHENI TJ.API-API TJ. KALIAN MUNTOK

Pelabuhan Muntok Tj. Kalian Bangka Belitung
Halo "GAESS" pada kesempatan ini saya akan sedikit berbagi pengalaman tentang bagaimana perjalanan Jakarta ke Bangka melalui jalur darat dan laut. Rute yang kami lalui adalah Pelabuhan Merak-Bakauheni-lampung-Palembang-Tanjung Api-Api (Pelambang)-Tanjung Kelian (Muntok Bangka)

Kami baru pertama kali melakukan perjalanan dari Jakarta ke bangka melalui jalur darat dan laut. Biasanya kami menggunakan jalur udara atau pesawat terbang. Kenapa kami tidak menggunakan jalur udara? salah satunya adalah harga tiket pesawat yang cukup mahal, sehingga kami harus mencari jalur altertanif lain yaitu kombinasi jalur darat dan laut.

Karena ini merupakan pengalaman pertama, maka kami harus mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang ruute yang kami lalui tersebut mulai dari Route Tol, Pelabuhan, SPBU, Rest Area, Tiket Kapal dll. Kami mencari informasi dari berbagai sumber, Teman-teman, saudara, Medsos, Youtube, maupun internet. Alhamdulillah dari informasi yang kami himpun tersebut SANGAT membantu memudahkan perjalanan kami yang memang baru pertama kali menggunakan jalur tersebut.

INI DIA:  CARA MUDAH MEMBUAT DONUT EMPUK DAN ENAK

Ada dua alternatif untuk sampai ke Bangka  melalui Jalur laut, yaitu melalui Pelabuhan Tj, Priok ataupun Pelabuhan Merak. Tapi kami memutuskan untuk melalui Pelabuhan Merak. Keputusan tersebut kami ambil karena pertimbangan efisiensi biaya. Sebagai gambaran bahwa perjalanan dari Tj. Priok ke Bangka (Belinyu) ongkos atau harga tiket adalah
- Kendaraan Minibus = Rp 3.700.000 (include satu Orang/sopir)
- Penumpang = Rp 450.000/Orang

Sedangkan Ongkos Kapal Merak- Bakauheni Rp 475.000,-
dan Tj. Api-api-Muntok Rp 778.000,-

Harga diatas adalah estimasi yang kami cari dari berbagai sumber. Untuk Tiket kapal Pelni bisa dilihat langsung di situs resmi kapal Pelni.

Kami berangkat semuanya ada 4 orang dan menggunakan Kendaraan kelas minibus, Nah kalo dijumlahkan kami sudah bisa naik pesawat, maka kami pilih rute Pelabuhan Merak.


Berikut kami bagikan TIPS Aman perjalanan Jakarta-Bangka:
  1. Cek Kendaraan. Sebelum memulai perjalanan anda, pastikan kesiapan kendaraan anda dalam kondisi yang SANGAT PRIMA. Service, air radiator dan ganti oli adalah hal wajib yang harus anda lakukan karena anda akan menempuh jarak yang sangat jauh
  2. Cek Kesehatan Anda. Tidak hanya kendaraan saja yang harus sehat, Tapi kondisi fisik anda juga harus benar-benar fit, karena perjalanan anda sangat jauh dan akan ditempuh dalam beberapa hari. Bila perlu siapkan obat-obatan
  3. Isi E-Money atau E-Toll anda. Kami menyarankan untuk mengisi maksimal atau sekitar 1 Juta. Ini untuk pembayaran Tol dan Tiket Kapal di Merak/Bakauheni. sedangkan di Tj. Api-Api dan Tj. Kelian/Muntok (Bangka) masih menggunakan Cash Money atau uang Cash. Harga Tiket Pelabuhan Merak Rp 475.000, sedangkan di Tj. Api-Api Rp 778.000,- (Tarif Lebaran 2019)
  4. Cek Route melalui GPS. Hal ini sangat penting karena akan sangat membantu anda dalam perjalanan nanti. Tapi kami juga berpesan agar jangan 100% percaya dengan Google maps karena kami juga sempat hampir masuk ke gang yang sangat kecil. hahahaha. tapi hal tersebut tidak membuat saya putus asa menggunakan Google maps.
PERJALANANKU
Jalur Laut:
Masuk ke Pelabuhan Merak:
  1. Dari Tol kami akhirnya memasuki Pelabuhan Merak. Disini anda akan melakukan pembelian tiket Kapal seperti pada saat masuk gerbang tol. Bedanya anda disini juga harus menyiapkan KTP anda.
  2. Setelah membeli tiket, anda akan diarahkan oleh petugas ke Dermaga untuk memasuki Kapal. Di Pelabuhan Merak dan Bakauheni banyak Dermaga sehingga tidak usah khawatir antri.
  3. Saat naik ke kapal hati-hati ya gaes, pergunakan gigi rendah untuk memasuki kapal.
  4. Didalam Kapal parkirlah kendaraan sesuai dengan arahan petugas parkir dikapal, disana sudah banyak petugas yang mengarahkan.
  5. Setelah itu anda bisa naik ke dek kapal untuk memilih kursi atau memeilih yang lesehan. Anda bebas melakukan aktifitas disini.
  6. Nikmati perjalanan anda dengan santai dan dalam 2,5 Jam anda akan sampai di Pelabuhan Bakauheni Lampung.
Jalur Darat
Masuk ke Tol Bakauheni menuju Palembang.
  1. Setelah keluar Pelabuhan Bakauheni silahkan pilih jalan untuk memasuki Tol Bakauheni
  2. Kalo bisa lakukan perjalanan pasa siang hari karena penerangan jalan pada malam hari sangat minim, hanya mengandalkan lampu mobil.
  3. Jaga kecepatan kendaraan anda dibawah 100 km/jam agar anda dapat mengendalikan kendaraan anda dengan mudah
  4. Segera istrirahan di Rest area yang telah disediakan jika merasa lelah atau mengantuk.
  5. Perjalanan yang kami tempuh adalah malam hari, sehingga Tol hanya sampai di Terbanggi Besar, itu artinya saya akan melanjutkan melalui Jl. Lintas Sumatera. Seperti diketahui bahawa Untuk Terbanggi Besar sampai ke Palembang saat ini hanya dibuka fungsional, jadi opersional hanya siang hari saja.
  6. Melintasi Jalur Lintas Sumatera anda harus extra hati-hati karena kondisi jalan yang kurang mulus alias banyak jalan berlubang serta berliku-liku, so hati-hati ya gaess.
  7. Setelah Sampai di daerah Palembang ikuti Jalur menuju Pelabuhan Tj. Api-api. Searching di Google Maps ya Gaess. Perjalanan dari Kota Palembang ke Tj. Api-Api ini kurang lebih 1-2 Jam
Jalur Laut:
  1. Nah jika anda sudah sampai di Pelabuhan Tj. Api-Api anda langsung masuk ke pintu gerbang dan langsung menuju tempat parkir untuk menunggu kapal. Tapi disinilah perbedaannya, Setelah parkir anda harus turun dan membeli tiket di loket, Jangan lupa  siapkan KTP dan STNK. harga tiket kurang lebih Rp 778.000,- (Lebaran 2019). Pembayaran memakai uang cash ya gaess
  2. Disini tersedia fasilitas Toilet dan mushola.
  3. Persiapan naik kapal. Oh ya Gaess, disini kapal tidak terlalu besar, kira-kira hanya menampung sekitar 30-40 Kendaraan. Dermaganya hanya satu, jadi harap bersabar menunggu kegiatan bongkar muat. 
  4. Waktu yang ditempuh dari Tj. Api-api sampai ke Tj. Kalian Muntok kurang lebih 3 Jam, jadi anda bisa istirahat dengan tenang di dalam kapal.
  5. Kebetulan kapal yang kami tumpangi ada fasilitas AC dan tempat tidur lesehan yang lumayan nyaman, sehingga kami bisa beristirahat/tidur.

Demikianlah Gaess pengalaman kami dalam menempuh perjalanan Jakarta - Bangka melalui Jalir Darat dan laut Via Pelabuhan Merak. Kalau ada yang mau menambahkan atau mengoreksi silahkan.



Post Navi

Posting Komentar

0 Komentar